Penerimaan PAUD kober kasih bunda dwi warga tunggal jaya tahun ajaran 2018/2019

Lokasi Paud kober kasih bunda. (Photo : Hibban/dwt)

dwiwargatunggaljaya.desa.id (25/03/2018) | Penerimaan siswa/siswi PAUD kober kasih bunda tahun ajaran 2018/2019 mulai pendaftaran 10 April 2018 sampai dengan 15 Mei 2018 mendatang persyaratan umur 3-6 tahun, photo copy akte kelahiran dan photo copy kartu keluarga, PAUD yang berdiri pada tahun 2012 ini sangat diminati oleh masyarakat setempat untuk menitipkan anaknya bahkan ada dari kampung tetangga, selain lokasinya strategis disamping balai desa PAUD ini terkenal sangat murah, bagaimana tidak PAUD yang dibangun dari dana PNPM-perdesaan, tidak memumungut uang bangunan dan spp nya sangat murah.

Banner penerimaan siswa/siswi PAUD (Photo : Hibban/dwt)

PAUD kober kasih bunda ini gedungnya hanya 2 lokal dengan kapasitas kurang lebih 80 siswa/siswi dan rencananya 2018 ini akan dibangunkan oleh kampung, 2 lokal lagi dengan menggunakan anggaran dana desa tahun anggaran 2018, mengingat orang tua siswa/siswa banyak yang berminat menitipkan anaknya di PAUD ini sehingga guru-gurunya kebingungan untuk menerima siswa/siswinya dikarenakan gedungnya masih kurang, sehingga tahun ajaran 2017/2018 kemarin masih menumpang di balai desa.

Kober PAUD kasih bunda, selain tempatnya strategis halamannya juga luas. (Photo : Hibban/dwt)

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6 (enam) perkembangan: agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendikbud 137 tahun 2014 tentang standar nasional PAUD (menggantikan Permendiknas 58 tahun 2009).

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini, yaitu:

  • Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.
  • Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun (masa emas). Ruang lingkup Pendidikan Anak Usia Dini, di antaranya: bayi (0-1 tahun), balita (2-3 tahun), kelompok bermain (3-6 tahun), dan sekolah dasar kelas awal (6-8 tahun).

(**Hbn/Dwt)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar