Hari raya nyepi 2018, 1 saka 1940 umat hindu di dwi warga tunggal jaya

Ogoh-ogoh diparadekan keliling jalan besar kampung Dwi Warga Tunggal Jaya. (Dok.dwiwargatunggaljaya.desa.id/Photo : Hibban)

dwiwargatunggaljaya.desa.id (16/03/2018) | Hari raya nyepi adalah hari kesunyian dan refleksi diri, hari raya nyepi dirayakan pada hari pertama kalender luna saka. menurut kalender gregorian, hari raya nyepi biasanya tiba diawal musim semi.perayaan umat hindu, seperti halnya orang hindu yang ada dikampung Dwi Warga Tunggal Jaya, Kec. Banjar agung bisa berlangsung hingga beberapa hari.

Pada malam tahun baru 1 saka, ritual bhuta yajna biasanya dilakukan oleh orang hindu setiap tahun, ritual ini menyingkirkan kenegatifan dan kejahatan dari pulau dan penghuninya, menurut kepercayaan hindu adalah tanggung jawab manusia untuk menjaga keseimbangan antara para dewa, bumi, dan manusia untuk ritual ini. Orang bali membuat patung setan yang besar dan mahluk-mahluk jahat lainya dari bambu dan kertas, patung-patung ini dikenal dengan sebutan ogoh-ogoh.

Ribuan manusia menyaksikan parade ogoh-ogoh keliling kampung.(Dok.dwiwargatunggaljaya.desa.id/Photo : Hibban)

Seperti halnya ogoh- ogoh  yang terlihat dipawaikan dikeliling kampung Dwi Warga Tunggal Jaya, diparadekan dijalan jalan yang besar agar dilihat semua orang, hal ini diyakini bahwa ogoh-ogoh akan menyerap energi negatif dari penonton dan mengusir roh-roh jahat. Setelah parade ogoh-ogoh tersebut dibakar dalam api unggun besar, selain menangkal kejahatan dan mensucikan orang-orang bali, api unggun juga dipercaya bisa memuaskan batara kala.

Setelah dipawaikan ogoh-ogoh tersebut dibakar dalam api unggun besar. (Dok.dwiwargatunggaljaya.desa.id/Photo : Hibban)

Selama hari kesunyian, orang bali diharapkan untuk merenungkan tindakan mereka selama setahun terakhir, dan memikirkan cara untuk memperbaiki diri sepanjang tahun yang akan datang, maka hari kesunyian orang bali tinggal didalam rumah atau tidak boleh meninggalkan pulau.

(**Hbn/Dwt)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar