Fitur Baru Sideka 2.0.6 Membuat Kampung Mendadak Canggih

Jumat, 25 Agustus 2017

Setelah Operator Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan RelawanTIK Tulang Bawang dengan Narasumber Sdr. Dana Putra Yuda selama tiga kali, 20 Mei,06 Juni, dan 19 Juni 2017, kini tiba saatnya mengimplementasikan SiDeKa 2.0.6 agar Pemerintahan Kampung mampu memberikan layanan prima pada masyarakat maupun supra desa.

Materi yang sudah dipelajari diantaranya: Login web desa dwiwargatunggaljaya.desa.id, mengatasi jika lupa password sideka, cara memposting berita, penyuntingan atau editing berita, menghapus berita, pencarian berita, tambah kategori berita, membuat halaman, menampilkan halaman di menu, menampilkan posting berkategori ke menu, mengatur komentar, mematikan moderasi komentar, mengganti logo web, menganti latar belakang, menganti warna tema, menambahkan pengguna, mengatur jumlah berita yang ditampilkan, menambahkan sosial media ke sidebar, menyisipkan video youtube ke dalam berita, menggunakan aplikasi wordpress di smartphone untuk memposting berita, menghubungkan web desa dan laman facebook.

Pelatihan SiDeKa 19 Juni di Rucom Networking bersama para operator web kampung.

Beberapa materi lainnya yang tak kalah penting adalah aplikasi Sideka Desktop. Dalam aplikasi ini surat menyurat sudah otomatis asalkan data warga sudah terinput, sehingga dalam beberapa detik kampung dengan cepat mencetak seperti:

  1. surat biodata penduduk untuk pindah
  2. surat keterangan
  3. surat keterangan asal usul
  4. surat keterangan domisili
  5. surat keterangan keluarga kurang mampu
  6. surat keterangan nikah
  7. surat keterangan orang tua
  8. surat keterangan penduduk
  9. surat keterangan pengantar
  10. surat keterangan pindah
  11. surat keterangan tanah
  12. surat keterangan usaha
  13. surat pernyataan penghasilan
  14. surat pernyataan penyerahan anak
  15. surat pernyataan pindah agama
  16. surat persetujuan mempelai

Lebih hebat lagi aplikasi ini sudah bisa sinkron dengan siskeudes dan prodeskel.

Sistem informasi desa dan kawasan (SiDeKa) yang dikembangkan oleh BP2DK ini telah menjawab kebutuhan yang terkait dengan data kampung, kampung mempunyai data dan informasi yang berkualitas, komprehensif, dan terintegrasi. Perencanaan pembangunan kampung diharapkan bisa sinkron dengan seluruh pemangku kebijakan.

Pemerintahan Kampung Dwi Warga Tunggal Jaya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memfasilitasi dari pengenalan hingga pengelolaan Sistem Informasi Desa seperti Diskominfo Kabupaten Tulang Bawang, RelawanTIK Tulang Bawang, Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK), teman-teman operator, Rucom Intermedia, dan pihak lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu.

Pelatihan SiDeKa se Kecamatan Banjar Agung yang pertama
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Komentar